Cara Menggunakan Mesin Cuci

Mengetahui tentang cara menggunakan mesin cuci secara benar mulai dari mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Simak panduan lengkapnya disini.

Mencuci dengan menggunakan mesin cuci dapat mempermudah kegiatan rumah tangga. Selain menghemat tenaga, ternyata juga menghemat waktu lhoo.

Kok bisa??

Iya dong, kan sambil menunggu proses mencuci kita bisa melakukan hal lainnya. Misalnya dengan menyapu, mengepel, memasak dan lain sebagainya.

Namun perlu diperhatikan juga, apabila mencuci baju di mesin cuci lakukanlah dengan baik dan benar agar pakaian kita tidak mudah rusak.

Selain dapat membuat pakaian rusak penggunaan mesin cuci yang salah juga dapat menyebabkan mesin cuci lebih cepat rusak.

Untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan tersebut, simak ulasan di bawah ini mengenai cara mencuci baju di mesin cuci yang benar.

TOPIK

Cara Menggunakan Mesin Cuci Tanpa Merusak Pakaian

Secara umum, cara menggunakan mesin pencuci tidak terlalu berbeda tergantung pada jenisnya. Perbedaan utama hanya terletak pada cara kerja yang manual atau otomatis.

Namun, sebelum mengulas lebih lanjut tentang cara menggunakan mesin cuci untuk jenis-jenis tertentu, mari kita bahas apa saja faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pakaian saat dicuci menggunakan mesin cuci:

  • Kurang sering membersihkan filter mesin cuci.
  • Kurang sering membersihkan laci tempat deterjen dan saringan.

Jika tidak rutin dibersihkan, dua tempat tersebut mudah menjadi kotor dan dapat mempengaruhi fungsi mesin cuci.

Oleh karena itu, penting untuk rutin membersihkan filter dan laci tempat deterjen serta saringan.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Semi Otomatis (2 Tabung)

  • Untuk menggunakan mesin cuci, pertama-tama siapkan pakaian kotor yang akan dicuci. Pisahkan pakaian berdasarkan warna, pakaian yang bernoda, dan pakaian dengan penanda cara pencucian khusus.
  • Setelah itu, masukkan pakaian kotor ke dalam tabung mesin cuci. Pastikan Anda tidak salah menempatkan pakaian di tabung pengering.
  • Isi tabung mesin cuci dengan air bersih dan tambahkan deterjen sesuai kebutuhan.
  • Tutup pintu mesin cuci dan tekan tombol untuk memulai proses mencuci. Pilih siklus mencuci sesuai kebutuhan, lalu buang air bekas mencuci dan ulangi siklus pencucian untuk membilas pakaian dari sisa deterjen.
  • Setelah selesai mencuci, pindahkan pakaian ke tabung yang lain secara manual untuk melanjutkan proses pengeringan. Pilih siklus pengeringan yang sesuai dan jalankan.
  • Langkah terakhir, setelah siklus pengeringan selesai, angkat pakaian dari tabung mesin cuci dan jemur pakaian hingga benar-benar kering agar pakaian tidak bau dan tidak rusak.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis

  • Siapkan pakaian kotor dan pisahkan pakaian kotor berdasarkan warna, noda, dan pakaian yang harus dicuci secara khusus untuk memudahkan proses pencucian. Pastikan juga bahwa pakaian yang dicuci sudah bersih dari sisa kotoran sebelumnya.
  • Masukkan pakaian kotor ke dalam tabung mesin cuci bukaan atas.
  • Masukkan deterjen secukupnya. Lebih bagus jika menggunakan deterjen khusus mesin cuci. Lalu, tutup pintu mesin cuci.
  • Untuk air kamu tidak perlu mengisi secara manual karena mesin cuci akan otomatis mengisi air setelah mesin dijalankan. Pastikan bahwa mesin cuci terpasang dengan benar dan terhubung dengan sumber air kran dan sumber listrik agar dapat bekerja dengan lancar.
  • Selanjutnya pilih mode pencucian yang sesuai lalu tekan tombol start pada mesin cuci. Lalu tinggal menunggu mesin cuci bekerja sampai selesai.
  • Mesin cuci akan bekerja secara otomatis dan cucian hanya perlu diambil untuk dijemur. Karena sudah otomatis jadi setelah proses mencuci selesai akan langsung melakukan proses pengeringan.
  • Ketika proses pencucian selesai, pintu mesin cuci tidak bisa langsung dibuka, butuh waktu beberapa menit hingga pintu mesin cuci dapat dibuka.

Tips Agar Mesin Cuci Awet Tidak Cepat Rusak

Mesin cuci dibedakan menjadi dua jenis, yaitu otomatis dan semi otomatis. Sebelumnya sudah kita bahas pada halaman ini jenis-jenis mesin cuci.

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menjaga agar mesin cuci tidak cepat rusak:

Tips Memasukan Detergent ke Mesin Cuci

Berikut adalah tips yang dapat membantu Anda memasukkan deterjen ke mesin cuci dengan benar:

  • Jika mesin cuci Anda tipe front loading, gunakan kotak dispenser yang tersedia. Masukkan deterjen ke dalam kotak tersebut, jangan langsung ke dalam mesin cuci. Dengan begitu, deterjen akan dikeluarkan pada waktu yang tepat.
  • Jika mesin cuci Anda tipe top loading, masukkan deterjen sebelum memasukkan pakaian. Dengan cara ini, deterjen tidak akan menodai pakaian.

Tips Menggunakan Air

Jika menggunakan mesin cuci full otomatis, kita tidak perlu khawatir lagi karena mesin akan secara otomatis menyesuaikan jumlah air dengan jumlah pakaian yang akan dicuci.

Namun, hal ini berbeda dengan mesin cuci semi otomatis yang harus dikendalikan secara manual. Untuk mengetahui takaran yang tepat, perhatikan jumlah pakaian yang akan dicuci dan sesuaikan dengan kapasitas mesin cuci.

Untuk menentukan jumlah air yang dibutuhkan dalam mesin cuci, perhatikan jumlah pakaian yang akan dicuci.

  • Jika jumlahnya sedikit, isi air hanya sepertiga dari kapasitas mesin cuci.
  • Jika jumlahnya sedang, isi air hanya setengah dari kapasitas mesin cuci.
  • Jika pakaian banyak atau penuh, isi air sampai 3/4 dari kapasitas mesin cuci.

Tips Memilih Mode Mesin Cuci

Untuk menentukan mode mesin cuci yang sesuai, perhatikan jenis pakaian yang akan dicuci.

  • Pengaturan mode normal cocok untuk mencuci pakaian yang kotor dan pakaian sehari-hari.
  • Mode lembut cocok untuk mencuci pakaian yang halus dan bahan sutra.
  • Mode permanen cocok digunakan untuk bahan sintetis seperti rayon, poliester, asetat, atau rajutan yang cenderung menggumpal saat dicuci. Dengan mode ini, gumpalan bola bulu yang menumpuk dapat dihindari sehingga tidak perlu repot membersihkannya.

Langsung Lakukan Penjemuran

Jika Anda pernah merasakan bau tidak sedap saat membuka mesin cuci, salah satu penyebabnya mungkin karena Anda tidak segera menjemur pakaian setelah selesai dicuci.

Oleh karena itu, menjemur pakaian segera setelah dicuci adalah hal yang penting untuk dilakukan agar mesin cuci tidak tercium bau tidak sedap.

Dengan melakukan penjemuran yang tepat, Anda dapat menjaga kualitas dan performa mesin cuci agar tetap baik.

Leave a Comment